Peran Fitur Live Instagram Sebagai Media Transaksi Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen

COVID-19 Fenomenologi Peran Instagram UMKM

Authors

2021-10-26 — Updated on 2023-08-30

Versions

Downloads

Indonesia hingga saat ini sedang berjuang melawan COVID-19. Dampak yang ditimbulkan dari adanya COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan tetapi juga berpengaruh pada sektor perekonomian. Dari situasi tersebut membuat pengusaha UMKM harus melakukan usaha untuk menyesuaikan agar usaha tetap berjalan di situasi yang sulit tersebut. Salah satu cara yang dilakukan dengan beralihnya sistem penjualan ke online yang dilakukan oleh pengguna Instagram "Riul Market”. Berdasarkan fenomena tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman informan terkait peran fitur liveInstagram sebagai media transaksi di masa pandemi. Informan yang dimaksud adalah pemilik dan konsumen dari akun Instagram "Riul Market”. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan studi fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Studi fenomenologi fokus mengkaji peran fitur live Instagram "Riul Market” sebagai media transaksi dalam membangun kepercayaan konsumen dimasa pandemi berdasarkan pengalaman dari subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk membangun kepercayaan di media sosial "Riul Market” membawa identitas pemilik asli pada saat livedengan alamat dari tokonya meskipun melalui penyediaannya secara online. Selain itu membangun kepercayaan antara "Riul Market” dan pembeli harus selalu terbuka pada saat tawar menawar, dan transaksi dilakukan sehingga tidak terciptanya penipuan di kedua belah pihak, sebagai wujud arus antara keduanya dapat dipercaya dengan baik.