Perilaku Konsumsi Penggemar: Studi Etnografi Komunitas Magic The Gathering Yogyakarta

Magic The Gathering Consumption Behaviour Communication Etnography trading card games

Authors

  • Jusuf Wahyuono
    jusuf.ariz.w@mail.ugm.ac.id
    Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas ISIPOL, Universitas Gadjah Mada
2022-06-07 — Updated on 2023-08-30

Versions

Downloads

Permainan Magic:The Gathering (M:TG) merupakan permainan kartu populer yang dibuat Richard Garfield dirilis oleh Wizard of The Coast. Dari periode tahun 2008 hingga 2016, M:TG telah memproduksi lebih dari dua miliar kartu dansaat ini, M:TG sudah memiliki 35 juta pemain aktif yang tersebar di 70 negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumsi permainan M:TG di kalangan pemain di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pemain memiliki pemaknaan masing-masing dalam memahami perilaku konsumsi M:TG. Dari keempat subjek penelitian, Widi sebagai desainer game memahami M:TG sebagai arena mempelajari sistem gim dan memungkinkannya untuk berkreasi dengan sistem, Tandyo memahami M:TG sebagai permainan kartu yang kompleks dan memungkinkannya untuk menyusun kartu mengikuti seniman/artis M:TG indonesia, Rama memahami M:TG sebagai permainan kartu yang bervariasi dan kompetitif dan memungkinkannya untuk menyusun deck yang kompetitif, Tasigur memahami M:TG sebagai arena mengembangkan teks bagi pemain dan memungkinkannya untuk mengembangkan cerita berdasarkan pemahamannya sendiri, berdasarkan pada susunan kartu M:TG. Namun semua pemain menyepakati bahwa aktivitas konsumsi M:TG ini merupakan usaha untuk memperluas jaringan pertemanan. Selain itu, di tengah digitalisasi permainan M:TG dan kondisi pandemi, setiap pemain juga menyepakati bahwa pengalaman bermain M:TG secara fisik ini tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh permainan secara online atau digital.