Menakar Kualitas Komunikasi CSR Eksplisit Perusahaan Bursa Efek Indonesia

Authors

2023-06-22 — Updated on 2023-10-16

Versions

Downloads

Salah satu tema penting dalam komunikasi CSR adalah bagaimana perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimal dengan mengkomunikasikan CSR yang mereka selenggarakan secara tepat. Penelitian ini meninjau literatur komunikasi CSR untuk merumuskan sejumlah indikator kualitas komunikasi. Selanjutnya, indikator ini diterapkan untuk menakar kualitas komunikasi CSR eksplisit yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan-perusahaan tersebut dan dianalisis menggunakan analisis isi. Sampel terdiri dari 43 perusahaan dari berbagai bidang. Ditemukan bahwa secara umum, perusahaan tua cenderung lebih intensif dalam menyelenggarakan CSR dan lebih antusias dalam mengungkapkannya. Perusahaan sektor keuangan, infrastruktur, dan barang konsumen primer paling banyak memvisualisasikan dan merinci CSR walaupun masih cenderung rasional ketimbang emosional. Narasi pada semua jenis perusahaan dan berapapun saham mayoritas cenderung retoris, menandakan bahwa CSR masih dianggap kurang mampu menarik perhatian investor sehingga tidak dikomunikasikan dengan serius dan bahkan dipinggirkan dalam narasi laporan tahunan.